Dunia Barat Makin Tertarik Kembangkan Perbankan Syariah

Posted by | Posted in | Posted on 22.13

Kini perbankan syariah terus merambah berbagai negara di dunia. Inggris merupakan negara yang progresif dalam mengembangkan industri perbankan syariah dengan melahirkan sebuah bank umum syariah.

Institusi keuangan dan pemerintah Australia mempertimbangkan mengenalkan perbankan syariah dan prinsip-prinsipnya ke dalam sistem keuangan Australia. Para ahli industri mengatakan perbankan syariah adalah salah satu sektor yang memiliki pertumbuhan tercepat dalam industri perbankan dunia.

Perbankan syariah diprediksi bernilai 200 miliar dolar AS di seluruh dunia. Asialink Islamic Banking Colloquium yang diselenggarakan di Melbourne telah mendengar bahwa bank syariah berhasil keluar dari krisis ekonomi dengan memegang prinsip-prinsip Islam dalam menghimpun keuntungan dan bagi hasil antara bank dan nasabah.

Akademisi bank syariah dari Universitas Melbourne, Professor Abdullah Saeed mengatakan, bank syariah memiliki pertumbuhan yang potensial di Australia. ''Ada komunitas muslim di sini, tetapi komunitas tersebut bukan hanya untuk muslim di Australia,'' kata Abdullah, seperti dilansir dari situs radioaustralia.net.au.

Menurut dia, banyak bank konvensional yang tertarik dan sejumlah bank syariah juga mulai masuk ke Australia, sehingga tidak hanya membicarakan mengenai isu Islam. ''Ini hanyalah salah satu dari sekian cara untuk berkompromi dengan perbankan dan keuangan yang secara kebetulan berlandaskan Islam,'' ujar Abdullah.

India secara serius mempertimbangkan memperkenalkan perbankan dan keuangan syariah untuk membantu kaum marjinal dan minoritas di negara tersebut. Perbankan syariah yang berbasis ekuitas dengan keuangan mikro yang tidak berbasis bunga juga telah dikenal memiliki kontribusi signifikan untuk pembiayaan makro proyek-proyek infrastruktur utama di seluruh dunia. Hal itulah yang membuat pemerintah India memutuskan untuk menerapkan keuangan syariah di India.

Setelah pemerintah menunjuk berbagai komite untuk menerapkan perbankan syariah, pemerintah koalisi multipartai sepertinya bersedia memberikan persetujuan. Perdana Menteri India, Manmohan Singh, mengatakan keputusan mempraktekkan perbankan syariah muncul saat dirinya berunding tentang prinsip-prinsip perbankan dan keuangan syariah dengan sejumlah ahli ketika ia berkunjung ke Qatar dan Oman.

Sejumlah pejabat yang menemani Singh dalam kunjungan ke Timur Tengah mengatakan pemerintah India memiliki keinginan menerapkan perbankan syariah setelah memperoleh kepercayaan koalisi dalam hal peraturan. Pada saat krisis ekonomi global berdampak pada pasar dan ekonomi dunia, perbankan syariah tetap berada dalam kondisi baik dan membuktikan diri sebagai penyelamat banyak pihak.

Wakil ketua parlemen K Rehman Khan mengatakan penawaran terhadap produk dan pelayanan keuangan berdasar prinsip Islam dapat membuka pasar keuangan yang lebih besar di mana selama ini para Muslim tidak dapat berinvestasi. Menurut Khan, perdana menteri India cukup sering berbicara mengenai pertumbuhan yang inklusif di mana hal tersebut bisa tercapai melalui perbankan syariah. ''Tidak diragukan lagi perbankan syariah memiliki nilai etika Islam, namun hal tersebut memiliki lebih banyak peraturan ekonomi dibandingkan mengenai agama,'' kata Khan, sebagaimana dilansir dari situs khaleejtimes.com. Selain itu, Khan menambahkan bahwa perbankan syariah memiliki fitur-fitur yang menguntungkan untuk mendorong ekonomi sektor riil dibandingkan sektor keuangan.

Bagaimana dengan perkembangannya di bumi pertiwi kita?
Sumber : http://www.wikimu.com

Comments (0)

Posting Komentar

Please Comment

Paling banyak dikunjungi